Follow by Email

Kamis, 26 Juni 2008

MENGENAL KOTA BONTANG

Bontang adalah nama sebuah kota yang terletak 110 km sebelah utara Samarinda (ibukota provinsi Kalimantan Timur). Kota Bontang secara geografis berada pada garis khatulistiwa dengan posisi antara 117 derajat BTujur Timur dan O derajat Lintang Utara.
Luas wilayah Bontang sekitar 49.757 Ha yang terdiri dari daratan 14,780 Ha (29,70%) dan lautan seluas 34.977 Ha (70,30 %).
Penduduk Bontang sekitar 135 ribu jiwa, terdiri bermacam suku. Dari Aceh hingga Papua terwakili di Bontang, sehingga Bontang mirip dengan miniatur Indonesia.
Awal tahun 1980-an, Bontang hanyalah seperti perkampungan kecil. Seiring dengan tumbuh dan berkembangnya perusahaan-perusahaan di Bontang, maka kini Bontang telah menjelma menjadi kota yang cukup diperhitungkan di Kalimantan Timur.
Sebelum tahun 2001, Bontang merupakan kota administratif di bawah Kabupaten Kutai Kertanegara. Namun sekarang Bontang telah memiliki otonomi sendiri.
Di Bontang terdapat dua perusahaan berskala raksasa yang terkenal hingga mancanegara. Perusahaan itu adalah PT Pupuk Kalimantan Timur (perusahaan pupuk terbesar di Asia Tenggara) dan PT Badak NGL (pengolah gas bumi tersbesar di Indonesia). Selain dua perusahaan itu, di Bontang juga ada perusahaan berskala besar lainnya. Contohnya PT. Indominco dan PT Pama yang bergerak di sektor pertambangan batubara.
Di Bontang terdapat empat rumah sakit dan 3 klinik.
Para perawat yang bekerja di tempat pelayanan tersebut mayoritas berasal dari luar daerah, terutama dari Jawa. Sebab di Bontang belum ada lembaga pendidikan perawat. Lima tahun terakhir ini, telah ada perawat yang lahir dan besar di Bontang.

1 komentar:

  1. Terima kasih kami ucapkan kepada Donatur dan Simpatisan yang telah mendukung terselenggaranya Musyawarah Kota III PPNI Bontang 8 Juni 2008.

    BalasHapus